You by Radiohead

Makna Lagu You Radiohead
Lagu yang berada di urutan pertama dalam album Pablo Honey (1993) di atas lagu Creep, inilah You. Beberapa interpretasi berbeda beredar bahwa lagu ini bercerita tentang keimanan atau ketuhanan, ada juga yang beranggapan bahwa Thom Yorke menulis lagu ini untuk Stephen Hawking, ilmuwan yang ia kagumi (saya rasa yang ini terlalu mengada-ada). Tetapi untuk lebih jelasnya, kita simak dulu terjemahan lirik lagu You berikut ini:

You by Radiohead

You are the sun and moon and stars
Kau adalah mentari dan bulan serta bintang-bintang
Are you..
Apakah kau..
And I could never run away from you
Dan aku tak pernah bisa berlari darimu

You try at working out chaotic things
Kau mencoba menyelesaikan kekacauan
And why should I believe myself, not you?
Dan mengapa aku harus percaya pada diriku, bukan padamu?

It's like the world is going to end so soon
Sepertinya dunia akan segera berakhir
And why should I believe myself?
Dan mengapa aku harus percaya pada diriku?

You, me and everything caught in the fire
Kau, aku dan segalanya terperangkap dalam api
I can see me drowning, caught in the fire
Aku dapat melihat diriku tenggelam, terperangkap dalam api


Makna Lagu You by Radiohead

Saya cenderung percaya bahwa lagu ini adalah lagu tentang cinta dan menyangkal bahwa lagu ini tentang ketuhanan dan kiamat. Jika You yang dimaksud adalah Tuhan, lalu mengapa ia terperangkap pula dalam api atau neraka You, me and everything caught in the fire 

Kita lanjutkan, seseorang yang diceritakan lagu ini sangatlah berarti, bagaimana ia diibaratkan sebagai mentari, bulan dan bintang.. Ia adalah dunia dan kehidupan, segalanya bagi sang penulis, kita asumsikan ini kisah Thom Yorke. Thom dan pasangannya mengalami pertengkaran dan si wanita sedang mencoba mencari solusi (You try at working out chaotic things). Thom berpikir hubungannya akan segera berakhir (It's like the world is going to end so soon), namun ia berpikir kembali mengapa ia harus mempercayai dugaannya tersebut? Hingga akhirnya Thom Yorke merasakan ia dan pasangannya akan masuk ke dalam api asmara/cinta yang lebih dalam lagi. Jika kita dapat mengatasi pertengkaran dengan teman atau pasangan kita, masalah itu akan menjadikan kita lebih dekat, kan?

Kurang lebih itulah makna lagu You milik Radiohead menurut pendapat saya, tentu saja yang mengetahui secara pasti makna lagu tersebut adalah si penulis liriknya. Lalu, bagaimana pendapat kalian?

Post a Comment